Obat Batuk Anak

Obat Batuk Anak – Jika batuk pada anak merupakan indikasi penyakit yang lebih serius. Terkadang bahkan sering kali batuk yang terjadi pada anak membuat sang anak menjadi sulit makan, susah tidur, nafsu makan berkurang, kondisi tubuh/fisik yang melemah. Bahkan beberapa anak yang mengalami batuk ada yang sampai menangis karena batuk yang diderita terbilang memiliki dahak atau kering. Sehingga dahak atau rial sulit dikeluarkan.

Obat Batuk Anak

Obat Batuk Anak

Obat batuk anak yang dijual bebas biasanya cukup aman jika diminum dengan dosis yang tepat. Ada dua kategori obat batuk yang tersedia di pasaran :

  1. Supresan yang mengurangi batuk-batuk
  2. Ekspestoran yang membantu pengeluaran dahak tetapi pada awalnya meningkatkan batuk-batuk

Takaran chloral hydrat sebagai obat batuk anak:

  • Dengan menggunakan campuran obat batuk chloral yang standar (chloral elixir BPC)

Berikan sampai 4 takaran sehari, jangan lebih

  • Anak-anak di atas 2 tahun : 10 ml (2 sendok teh)
  • Bayi di bawah 2 tahun : 1 1/4 sampai 1 1/2 sendok teh. Bayi yang lebih kecil harus diberikan takaran yang lebih kecil.

Obat batuk anak bertujuan untuk menekan batuk, tetapi dapat menghambat pengeluaran dahak. Jadi, anak jangan diberi obat batuk yang terlalu keras, karna lendir akan tertimbun dalam saluran napas dan menjadi kental sehingga bisa menimbulkan sesak napas. Umumnya obat batuk mengandung gula dan alkohol, karena bahan-bahan ini dapat menaikkan gula darah. Beberapa kandungan dalam obat batuk seperti ephedrine, pseudoephedrine atau phenylephedrine juga bisa memicu kenaikan gula darah.

Dalam penggunaan obat batuk untuk anak harus mengikuti petunjuk dan aturan pemakaian obat batuk sebagai berikut :

  1. Anak-anak yang berusia 1-6 tahun minum obat tersebut 1 sendok teh. Dalam satu hari minum obat tersebut sebanyak 3 kali, yatu pagi, siang dan malam hari.
  2. Anak usia 6-12 tahun minum 2 sendok teh 3 kali sehari
  3. Obat batuk tersebut harus dikocok terlebih dahulu sebelum diminum
  4. Obat batuk tersebut diminum setelah makan. Perut tidak boleh dalam keadaan kosong.

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu mengatasi masalah batuk pilek pada anak dengan memberikan makanan-makanan yang sangat baik untuk kesehatan mereka:

  1. Cairan yang cukup
    Memberikan anak cairan yang cukup sangat membantu menunjang proses penyembuhan batuk pilek menjadi lebih cepat. Jika anak Anda masih minum ASI, maka berikan ASI yang banyak, karena kandungan yang ada di dalam ASI bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh anak Anda. Berikan juga minum air putih yang banyak, dan sebaiknya jangan berikan mereka jus buah atau minuman yang bersoda karena malah akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan mereka.
  2. Berikan madu
    Untuk anak diatas usia satu tahun, maka untuk membantu menyembuhkan batuknya bisa diberikan madu. Namun, bayi yang masih dibawah usia satu tahun tidak direkomendasikan untuk konsumsi madu. Madu merupakan salah satu obat alami yang bisa membantu untuk meningkatkan tumbuh kembang kesehatan anak. Dibawah ini ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat ramuan madu mengatasi batuk adalah tim atau kukuslah madu  terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit. Kemudian madu ini boleh diberikan pada anak diatas usia 1 tahun.
  3. Hangatkan tubuh anak
    Menghangatkan mereka dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon akan membantu membuat mereka menjadi lebih nyaman dalam bernafas, biarkan mereka tidur dengan bantal yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya lendir yang berkupul pada hidung, atau Anda bisa meneteskan larutan saline atau garam steril yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.
  4. Memberikan sup hangat
    Khusus untuk anak usia 2 tahun ke atas, maka Anda bisa memberikan mereka sup ayam yang hangat. Atau bisa juga dengan memberikan teh jahe yang dicampur dengan madu. Selain itu, ada beberapa ramuan obat batuk herbal yang bisa diberikan pada anak misalnya adalah campuran antara jeruk nipis dengan madu untuk membantu meringankan batuk mereka. Cara membuatnya adalah campurkan air jeruk dengan madu dengan perbandingan sekitar 1:1 dan berikan 1 sendok teh sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

Jika batuk anak dirasa tidak kunjung membaik setelah mencoba berbagai alternatif pengobatan alami menggunakan ramuan herbal diatas, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter, apalagi jika batuk disertai dengan demam tinggi dan muntah. Ada beberapa gejala khas yang harus Anda waspadai jika anak Anda menderita batuk dengan keluhan seperti disertai lendir atau dahak yang warnanya hijau, kuning, cokleat, ada bahkan ada bercak darah di lendir mereka, gejala selanjutnya adalah jika mereka tidak mau makan sama sekali dan berat badan mereka hilang tanpa sebaba yang jelas.

Obat Batuk Anak

Cara Pemesanan Obat Batuk
Membantu Mengobati Berbagai Jenis batuk, Meringan dan Membantu Mengeluarkan Dahak, Serta Mengatasi Alergi Penyebab Batuk

obat-batuk

Harga 1 Botol Obat Batuk Isi 50 Kapsul = Harga Rp.95.000,-/Botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Batuk, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk menentukan ongkos kirim)

This entry was posted in Obat Batuk and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>