Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional – Batuk bisa menyerang siapa saja serta kapan saja. Anak-anak, dewasa hingga lansia, entah hujan ataupun cuaca panas, batuk kerap menyerang. Terlebih bila ditunjang dengan kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang. Biasanya, kehadiran batuk dianggap sebagai tamu yang menjengkelkan dan secepat mungkin ingin dienyahkan. Padahal Prof. Dr. Sumali wiryowidagdo, Apt, Wakil Ketua Studi Obat Bahan alam Departemen Farmasi FMIPA, Univ. Indonesia dalam sebuah seminar kesehatan mengatakan batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan.

Batuk bukanlah suatu penyakit, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh disaluran pernasfasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi ditenggorokan. Batuk umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu. Namun batuk juga bisa disebabkan karna infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), alergi, asma atau tuberkulosis.

Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional

Kita juga bisa batuk bila terdapat benda asing yang masuk ke dalam saluran napas, tersedak akibat minum susu, menghirup asap rokok dari orang sekitar. Bahkan, emosi dan psikologis bisa memicu adanya batuk atau yang diistilahkan dengan batuk psikologis. Namun, baik batuk sebagai pertanda penyakit ataupun bukan, jika sudah dirasa mengganggu harus diatasi.

Dilaporkan Prof. Sumali, ramuan tradisional dari ragam tumbuhan merupakan obat turun temurun yang dipercaya sebagai obat mujarab penyembuh penyakit, salah satunya keluhan batuk. Menurut Prof. Sumali, untuk merdakan atau mengobati batuk Anda tidak perlu jauh-jauh mencarinya. “periksalah dapur Anda pilih beberapa rempah atau pelengkap bumbu lainnya untuk membuat ramuannya.

Hanya saja, dikatakan Prof. Dr. Leonardus broto Sugeng Kardono, Ahli Ekstraksi Bahan Alam dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ramuan tradisional tersebut jika diolah dengan cara tradisional seperti direbus, harus memperhatikan cara mengolahnya. Hal itu dimaksudkan agar kandungan senyawa aktif yang bermanfaat di dalamnya tidak hilang. Maka itu, dalam merebus herbal disarankannya menggunakan teknik yang benar.

Jika ingin diramu dengan cara direbus, seperti air jahe, akan lebih baik menggunakan panci keramik atau yang terbuat dari stainlees. Ini penting agar kandungan senyawa aktifnya tetap bertahan dan tidak hilang. Berdasarkan penelitian Prof. Sumali memberikan beberapa contoh herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk, berikut di antaranya :

1. Rimpang jahe & jahe merah

Rimpang jahe, baik jahe biasa dan jahe merah berkhasiat mengobati batuk. Berdasarkan hasil penelitian, dalam kompenen jahe terdapa minyak atsiri yang mengandung terpenoid zingiberol, gingerol dan shogaol yang memiliki senyawa kimia berkemampuan sebagai obat.

Cara memakai rimpang jahe sebagai obat batuk tradisional alami :

Rimpang jahe dikupas, di iris dan diseduhatau direbus dengan air panas kemudian diminum.

2. Rimpang kencur

Kencur sebagai Obat Batuk Tradisional yang berkhasiat sebagai antiinflamasi. Kencur juga berkhasiat mengendalikan rasa sakit antihipertensi, serta sebagai obat influenza. Kencur rasanya enak dan berbau wangi dimana 2,4-3,9% minyakatsiri yang terkandung di dalam kencur terdapat 25-30 gram entilsinamat dn metil p-metoksisinamat, asam trans-sinamat.

Cara memakai kencur sebagai obat batuk tradisional alami :

Cuci bersih kencur lalu kupas. Setelah itu kunyah.

3. Ekstrak jeruk

Jeruk nipis mengandung komponen kimia, yaitu minyak atsiri 7% yang mengandung terpena, terpenoid, hesperidin, tangeritin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide. Senyawa tersebut mampu mengendalikan otot dalam saluran pernapasan menjadi tidak tegang sehingga penting untuk meredakan batuk.

Pada penderita maag, sebaiknya tidak memanfaatkan jeruk nipis sebagai pereda batuk. Itu karena sifat asam pada jeruk bisa memperparah kondisi maag. Namun, jika terpaksa harus mengonsumsi jeruk nipis, untuk menghilangkan rasa asamnya, bisa menambahkan sedikit kapur, madu atau kecap dalam ramuan jeruk nipis.

Cara memakai jeruk nipis sebagai obat batuk tradisonal alami

Peras jeruk nipis lalu tambahkan kecap atau yang lain untuk mengurangi asam saat dikonsumsi. Bisa juga dengan melarutkan pada air putih lalu diminum.

Selain dengan mengunakan obat batuk tradisional diatas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk, yakni adalah :

  1. Berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat merupakan salah satu cara yang paling baik untuk membantu rasa gatal pada tenggorokan. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan ½ sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, dan berkumurlah sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  2. Menggunakan minuman panas salah satunya teh yang bisa diminum untuk membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan kakrena adanya iritasi efek samping. Anda bisa minum teh herbal, teh hijau, teh lemon, teh hitam, atau juga teh biasa. Atau Anda juga bisa menambahkan irisan 1-2 jahe ke dalma teh tersebut.
  3. Minum air hangat juga bisa membantu untuk meredakan sakit pada tenggorokan akibat batuk. Dengan makan sup ayam atau kaldu sayuran yang hangat bisa membantu mengatasi batuk.

Obat Batuk Tradisional

Cara Pemesanan Obat Batuk
Membantu Mengobati Berbagai Jenis batuk, Meringan dan Membantu Mengeluarkan Dahak, Serta Mengatasi Alergi Penyebab Batuk

obat-batuk

Harga 1 Botol Obat Batuk Isi 50 Kapsul = Harga Rp.95.000,-/Botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Batuk, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk menentukan ongkos kirim)

This entry was posted in Obat Batuk and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>