Obat Batuk

Batuk merupakan cara tubuh untuk membersihkan kotoran pada saluran pernapasan yang berjalan menuu paru-paru dan untuk mencegah kuman serta lendir dalam saluran ini memasuki paru-paru. Oleh karena batuk merupakan bagian dari pertahanan tubuh, maka obat-obatan yang dapat menghentikan atau meredakan batuk.

Jenis-jenis obat batuk yang dapat membantu meredakan dan meringankan batuk yang umunya memang banyak digunakan oleh para penderita batuk, adalah :

1. Antitussiva digunakan untuk pengobatan batuk sebagai gejala dan dapat dibagi dalam sejumlah kelompok dengan mekanisme kerja yang sangat beraneka ragam, yakni :

a. Zat pelunak batuk yang memperlunak rangsangan batuk, melumas tenggorokan agar tidak kering dan melunakkan mukosa yang teriritasi. Untuk tujuan ini banyak digunakan sirop (tymi dan Altheae), zat-zat lendir (infus carrageen) dan gula-gula seperti drop (akar manis succus liquiritiase), permen, pastiles, hisap (memperbanyak sekresi ludah dsb).

b. Ekspektoransia. Zat ini memperbanyak produksi dahak (yang encer) ddan dengan demikian mengurangi kekentalan, sehingga mempermudah pengeluarannya dengan batuk. Mekanisme kerjanya adalah merangsang reseptor-reseptor di mukosa lambung yang kemudian meningkatkan kegiatan kelenjar sekresi dari saluran lambung0ususu dan sebagai refleks memperbanyak sekresi dari kelenjar yang berada di saluran napas. Diperkirakan bahwa kegiatan ekspektoranisa juga dapat dipicu dengan meminum banyak air.

c. Mukolitika. Zat-zat ini bedaya merombak dan melarutkan dahal sehingga viskositasnya dikurangi dan pengeluarannya dipermudah. Lendir memiliki gugus-sulfhidril (-SH) yang saling mengikat makromolekulnya. Obat jenis ini umumnya digunakan sebagai obat batuk yang efektif pada batuk dengan dahak yang kental sekali, seperti bronchitis, emfisema dan mucoviscidosis.

2. Jenis obat batuk lainnya yang umumnya banyak digunakan dan mudah didapat di toko obat, warung atau apotik, seperti obat yang mengandung guaifenesin (gliseril guailokat) contohnya OBH, amonium klorida, natrium sitrat, atau ipekak. Kalau dahaknya kental, selain ekspektoran diperlukan juga mukolitik seperti bromheksin atau asetilsistein.


=====================================

>>> Obat Batuk Flu Untuk Mengobati Penyakit Batuk dan Flu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>