Sakit Batuk

Sakit Batuk – Hampir setiap orang pernah mengalami sakit batuk. Batuk memiliki ciri khas sehingga dapat dikenali. Satu hal yang perlu diingat bahwa batuk hanyalah sebuah gejala, bukan suatu penyakit. Batuk baru bisa ditentukan sebagai tanda suatu penyakit jika ada gejala lain yang menyertainya.

Sebenarnya sakit batuk merupakan cara tubuh melindungi paru-paru dari masuknya zat/benda asing yang mengganggu. Batuk merupakan refleks alami tubuh, di masa saluran pernapasan berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau produksi lendir yang berlebihan. Jika ada lendir, debu, asap, atau benda asing lainnya yang mengganjal di tenggorokan, maka tubuh akan batuk untuk mengeluarkannya. Batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan sehingga dapat benapas lebih mudah.

Sesekali sakit batuk-batuk kecil merupakan hal biasa bahkan menyehatkan karena itu merupakan cara menjaga saluran pernapasan agar tetap bersih. Sebaliknya, batuk yang kuat dan terus-menerus dapat mengganggu saluran pernapasan, sehingga harus diwaspadai.

sakit batuk

sakit batuk

Batuk dimulai ketika suatu zat atau benda asing mencapai salah satu reseptor batuk di hidung, tenggorokan, atau dada. Reseptor tersebut kemudian menyampaikan pesan ke pusat batuk di otak yang memberi perintah agar batuk.

Lalu hidung menghirup napas, epiglotis dan pita suara menutup rapat sehingga udara dalam paru-paru terjebak. Otot perut dan dada akan berkontraksi dengan kuat sambil menekan sekat rongga tubuh. Akhirnya, pita suara dan epiglotis akan membuka tiba-tiba dan udara yang terjebak tadi mendaadak dikeluarkan dan terjadilah batuk.

Sakit batuk pada ibu hamil merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Beberapa hal yang menyebabkan sakit batuk pada ibu hamil disebabkan karena perubahan bentuk dan juga adanya perubahan kapasitas pada rongga dada yang disebabkan karena rongga perut yang mengalami pembesaran. Biasanya pada ibu hamil, batuk yang terjadi dengan keras dan  kuat akan menyebabkan suatu tekanan pada rongga dada yang sangat kuat juga pada rongga perut mereka. Dan biasanya hal inilah yang mendorong keluarnya air kemih yang keluar dengan begitu saja disaat sedang batuk. Salah satu kemungkinan yang terjadi dari masalah sakit batuk pada ibu hamil adalah pendarahan. Hal ini biasanya terjadi untuk ibu yang mempunyai riwayat keguguran, kehamilan yang beresiko tinggi, kehamilan kembar, dan kehamilan yang agak sulot karena ada suatu riwayat ketidaksuburan.

Sedangkan sakit batuk pilek biasanya merupakan salah satu jenis penyakit musiman karena datangnya musim pancaroba. Dan biasanya penyakit batuk pilek ini jika sudah menyerang satu orang maka  akan menyerang orang terdekatnya juga karena sifatnya memang menular. Biasanya gejala yang muncul pada batuk pilek adalah rasa linu pada persendian, rasa panas dingin, demam, dan terasa lemas serta lesi, kemudian bersin dan hidung yang mengalami sumbatan. Cara alami yang bisa dilakukan mengatasi batuk pilek ini adalah dengan minum air putih secara teratur sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter untuk membantu mengencerkan dahak dan membantu meningkatkan sistem tubuh manusia.

Sedangkan batuk berdahak merupakan batuk yang disebabkan oleh adanya teteasan pada belakang hidung. Dan produksi dari dahak yang berlebihan bisa terjadi pada mereka yang mengalami alergi dan juga sinusitis (atau lapisan mukus yang mengalami peradangan di dalam sinus). Kemudian mukus yang menetes dari belakang hidung menuju ke tenggorokan ini pada akhirnya akan meyebabkan terjadinya iritasi dan biasanya bisa mendatangkan terjadinya batuk.

Dan sakit batuk kering merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan batuk yang disebabkan dari serangan tuberkeli bacili. Paru-paru merupakan bagian yang paling sering dan paling utama untuk diserang. Gejala-gejala yang muncul dari sakit batuk kering ini adalah batuk yang terjadi lamanya sekitar 2 minggu atau bahkan lebih, batuk yang sampai mengeluarkan darah, demam yang terjadi di malam hari, dan selera makan yang mengalami penurunan serta berat badan yang turun tanpa sebab jelas, dada yang terasa sakit disaat sedang batuk dan lebih cepat lelah disaat melakukan suatu aktivitas.

Kenalilah batuk yang Anda derita dengan lebih spesifik agar bisa mengetahui penyebabnya dan mengetahui cara apa yang tepat untuk membantu mengatasinya. Dibawah ini ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit batuk :

  1. Cuci tangan
    Biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu jika Anda ingin makan, karena virus kebanyakan tersebar melalui kontak langsung salah satunya adalah melalui tangan. Mencuci tangan dengan mengunakan sabun atau juga larutan antibakteri serta menggunakan air yang mengalir.
  2. Banyak minum air putih
    karena manfaat air putih sangat banyak sekali, salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga bisa mencegah terjadinya serangan berbagai penyakit.
  3. Jangan merokok dan hindari asap roko
    Sebaiknya Anda jangan merokok dan jauhi juga orang sekeliling Anda yang meroko, karena asap rokok tidak baik untuk tenggorokan Anda.

Sakit Batuk

Cara Pemesanan Obat Batuk
Membantu Mengobati Berbagai Jenis batuk, Meringan dan Membantu Mengeluarkan Dahak, Serta Mengatasi Alergi Penyebab Batuk

obat-batuk

Harga 1 Botol Obat Batuk Isi 50 Kapsul = Harga Rp.95.000,-/Botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Batuk, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk menentukan ongkos kirim)

This entry was posted in Obat Batuk and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>