Sakit Batuk

Hampir setiap orang pernah mengalami batuk. Batuk memiliki ciri khas sehingga dapat dikenali. Satu hal yang perlu diingat bahwa batuk hanyalah sebuah gejala, bukan suatu penyakit. Batuk baru bisa ditentukan sebagai tanda suatu penyakit jika ada gejala lain yang menyertainya.

Sebenarnya batuk merupakan cara tubuh melindungi paru-paru dari masuknya zat/benda asing yang mengganggu. Batuk merupakan refleks alami tubuh, di masa saluran pernapasan berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau produksi lendir yang berlebihan. Jika ada lendir, debu, asap, atau benda asing lainnya yang mengganjal di tenggorokan, maka tubuh akan batuk untuk mengeluarkannya. Batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan sehingga dapat benapas lebih mudah.

Sesekali batuk-batuk kecil merupakan hal biasa bahkan menyehatkan karena itu merupakan cara menjaga saluran pernapasan agar tetap bersih. Sebaliknya, batuk yang kuat dan terus-menerus dapat mengganggu saluran pernapasan, sehingga harus diwaspadai.

Batuk dimulai ketika suatu zat atau benda asing mencapai salah satu reseptor batuk di hidung, tenggorokan, atau dada. Reseptor tersebut kemudian menyampaikan pesan ke pusat batuk di otak yang memberi perintah agar batuk.

Lalu hidung menghirup napas, epiglotis dan pita suara menutup rapat sehingga udara dalam paru-paru terjebak. Otot perut dan dada akan berkontraksi dengan kuat sambil menekan sekat rongga tubuh. Akhirnya, pita suara dan epiglotis akan membuka tiba-tiba dan udara yang terjebak tadi mendaadak dikeluarkan dan terjadilah batuk.


=====================================

>>> Obat Batuk Flu Untuk Mengobati Penyakit Batuk dan Flu, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>